Pengkajian Kebijakan Peningkatan Daya Saing

Desember 17, 2008

Konsep dan Pemahaman tentang Daya Saing

Filed under: Uncategorized — muchdie @ 4:09 am

Sebagai rasa tanggungjawab, saya coba kumpulkan berbagai tulisan tentang Daya Saing. Maksudnya agar jadi bahan untuk Diskusi di tingkat Pusat untuk kemudian dijadikan rujukan dalam perumusan kebijakan dan pelaksanaan tugas pemerintahan. Sementara ini ada beberapa hasila Diskusi yang dipimpin oleh Pak Nunu dan masih belum ditayangkan di Blog ini. Semoga dalam waktu dekat dapat ditayangkan. Berikut beberapa tulisan yang saya ambil dari Blog : Sistem Inovasi yang dikelola oleh Dr. Tatang A. Taufik. (Nuhun Pak  dan mohon ijin bahan-bahan ini digunakan sebagai Pengantar Diskusi di Pusat PKPDS.)

 Konsep Daya saing

Istilah daya saing (competitiveness), meskipun setidaknya telah “diawali” oleh konsep keunggulan komparatif (comparative advantage) Ricardo sejak abad 18,[1] kini mendapat perhatian yang semakin besar terutama tiga dekade belakangan ini. Daya saing, satu dari sekian jargon yang sangat populer, tetapi tetap tak sederhana untuk dipahami. Seperti diungkapkan oleh Garelli (2003),[2] konsep yang multidimensi ini sangat memungkinkan beragam definisi dan pengukuran. Tidaklah mengejutkan jika perkembangan pandangan dan diskusi tentang daya saing tak luput dari kritik dan perdebatan yang juga terus berlangsung hingga kini.[3]

Tulisan ini mendiskusikan secara singkat beberapa pandangan/pemikiran tentang daya saing pada berbagai tataran dan dari beberapa perspektif yang berbeda, tanpa maksud memilih mana yang paling benar.

Dalam literatur, istilah “daya saing” (competitiveness) mempunyai interpretasi/tafsiran beragam. Tak satupun yang penulis klaim sebagai “definisi baku” yang diterima semua pihak. Tentang ini, barangkali benar yang disampaikan Michael Porter:
“There is no accepted definition of competitiveness. Whichever definition of competitiveness is adopted, an even more serious problem has been there is no generally accepted theory to explain it . . .. “ (Porter, 1990).
“Competitiveness remains a concept that is not well understood, despite widespread acceptance of its importance . . . .
“(Porter, 2003, 2002b).

Hampir dua dekade kemudian, diskusi tentang ini bahkan meluas dan perspektif tantang apa dan bagaimana meningkatkan daya saing memperkaya debat yang berkembang. Dalam literatur, bahasan konsep daya saing dapat ditinjau pada tingkat:

  • perusahaan,
  • industri atau sehimpunan/sekelompok industri,[4] dan
  • negara atau daerah (sebagai suatu entitas ekonomi).

Pemaknaan daya saing pada konteks tersebut “berbeda.” Akan tetapi, daya saing pada masing-masing tingkatan tersebut terkait secara erat. Daya saing perusahaan merupakan elemen pembentuk daya saing pada tingkat industri, daerah atau negara. Sementara di pihak lain, berbagai kondisi dan faktor yang ada dalam suatu industri dan di suatu daerah atau negara membentuk konteks bagi perkembangan daya saing perusahaan dalam industri dan di wilayah yang bersangkutan. Isu ini juga merupakan salah satu topik yang terus diperdebatkan dalam diskusi tentang daya saing.

Catatan:
[1] David Ricardo melalui tulisannya: “Principles of Political Economy and Taxation”, di tahun 1817 menggarisbawahi bagaimana semestinya negara harus bersaing. Lihat misalnya Spiegel (1991).
[2] Profesor di Institute for Management Development (IMD) dan direktur the World Competitiveness Project.
[3] Lihat misalnya tulisan Krugman (1994), Lall (2001), dan Siggel (2003).
[4] Aktivitas bisnis dalam pengertian umum (tidak terbatas hanya manufaktur/pengolahan).
Secara ringkas, pengertian daya saing itu saya tampilkan dalam gambar berikut.

About these ads

5 Komentar »

  1. Sangat bagus. Dan ijin untuk kami rujuk dalam tulisan kami. Tks

    Komentar oleh dwi — Oktober 27, 2010 @ 4:03 am

  2. Silahkan..Semoga bermanfaat.

    Komentar oleh muchdie — Oktober 27, 2010 @ 12:14 pm

  3. boleh tau nama judul buku dari michael porter tahun 2005 ?
    beserta daftar pustakanya ?
    terima kasih :)

    Komentar oleh fahri — Maret 13, 2012 @ 2:53 pm

    • Itu buku sudah kuno karena terjemahan…tapi tetap bermanfaat untuk konsep awal.. judul aslinya kalo nggakl salah Competitive Strategy, diterjemahkan menjadi Strategi Persaingan..

      Komentar oleh muchdie — April 12, 2012 @ 10:11 am

  4. sangat menginspirasi, , izin untuk dijadikan sebagai latar belakang penulisan artikel saya, terimakasih :)

    Komentar oleh sidiq — Juli 9, 2012 @ 9:11 am


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The WordPress Classic Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: